Mau Kirim Barang ke Luar Negeri, Baca Dulu Panduan ini

kirim barang ke luar negeri, panduan kirim barang ke luar negeri, cara kirim barang ke luar negeri, ekspedisi yang bisa kirim barang ke luar negeri

Kirim barang ke luar negeri lewat apa, Berapa lama waktu kirimnya, apakah kena pajak, bagaimana cara kirimnya, berapa biaya kirimnya, pakai ekspedisi apa yang bisa kirim barang ke luar negeri. Pada kesempatan ini kami akan menjawab pertanyaan anda sekaligus memberikan panduan bagi anda sebelum mengirim paket ke luar negeri.

Sebelum mulai menjawab pertanyaan anda, panduan tentang kirim barang ke luar negeri ini fokus pada pengiriman via udara terutama di ATHA EXPRESS. Untuk pengiriman lewat jalur laut akan kami bahas pada artikel selanjutnya. Supaya tidak terlalu panjang dan anda tidak bosan membacanya.

Kirim Barang ke Luar Negeri Lewat Apa

Pertama kami akan menjawab pertanyaan tentang kirim barang lewat apa. Kirim barang ke luar negeri dari Indonesia ada dua jalur yaitu kirim lewat laut atau udara. Pengiriman barang ke luar negeri lewat jalur laut (kapal) biasanya digunakan untuk pengiriman barang-barang dengan jumlah besar atau kuantitasnya banyak, ada minimal kubikasi yang ditetapkan pihak ekspedisi untuk pengiriman kurang dari satu kontainer, waktu kirimnya lebih lama, biaya kirimnya lebih murah, tidak bisa kirim retail atau kiloan. Sedangkan pengiriman ke luar negeri lewat jalur udara (pesawat) bisa digunakan untuk pengiriman barang yang beratnya ringan sampai yang berat, waktunya jauh lebih cepat daripada lewat laut, biayanya lebih mahal daripada lewat laut, bisa kirim retail walaupun berat kurang dari 1 kilo, prosedurnya lebih mudah daripada lewat laut.

Berapa Lama Kirim Barang ke Luar Negeri

Pertanyaan yang biasa ditanyakan oleh masyarakat yaitu berapa lama waktu kirim barang ke luar negeri. Lama waktu pengiriman barang ke luar negeri dari Indonesia lewat udara tergantung ekspedisi dan service yang anda pakai. Lama waktu bisa berbeda antara ekspedisi luar negeri yang satu dengan yang lain. Jika anda memakai jasa Atha Express lama waktu kirim hampir sama untuk semua negara. Berikut ini adalah Lama waktu kirim barang ke luar negeri di Atha Express :

  1. Service Super Express : lama waktu pengiriman 1-2 hari sampai
  2. Service Express    : lama waktu pengiriman 3-4 hari sampai
  3. Service Economy : lama waktu pengiriman 5-7 hari sampai
  4. Service Super Economy : lama waktu pengiriman 7-10 hari sampai

Apakah Kirim Barang ke Luar Negeri kena Pajak

Pertanyaan yang sangat banyak ditanyakan oleh masyarakat yaitu apakah kirim barang ke luar negeri kena pajak? Jawabannya bisa iya bisa tidak. Mengenai pajak untuk kiriman barang ke luar negeri ini tergantung Kebijakan Bea Cukai di negara tujuan kiriman paket anda, jenis barang yang anda kirim, tujuan pengiriman anda untuk apa, nilai barang yang anda kirim. Biasanya untuk pengiriman barang yang kegunaannya untuk sample, hadiah/gift, digunakan untuk keperluan pribadi dengan nilai yang kecil tidak dikenakan pajak. Tapi ingat ya, kembali kepada kebijakan masing-masing negara tujuan pengiriman anda. Yang perlu anda ketahui Pemerintah Indonesia tidak mengenakan pajak untuk barang yang dikirim ke luar negeri, yang mengenakan pajak yaitu Bea Cukai Negara Tujuan. Jadi yang bayar pajak adalah penerima paket, bukan pihak pengirim.

Cara Kirim Barang ke Luar Negeri

Pertanyaan selanjutnya yaitu Bagaimana Cara Kirim Barang ke Luar Negeri. Mengenai Cara kirim barang ke luar negeri ini akan kami ringkas langkah-langkahnya seperti berikut ini :

  1. Pastikan barang yang anda kirim bukan merupakan barang berbahaya atau terlarang (seperti narkoba, senjata tajam, senjata api, zat kimia berbahaya, dsb)
  2. Mencari Ekspedisi yang bisa mengirim ke luar negeri (pilih ekspedisi yang sudah pengalaman dan terpercaya)
  3. Konsultasikan barang yang akan anda kirim (jelaskan jenis barangnya apa, nilai barangnya berapa, tujuan pengirimannya untuk apa, negara tujuannya, lama waktu pengirimannya, dsb)
  4. Tanyakan berapa tarif pengiriman paket anda ke pihak ekspedisi.
  5. Packing paket anda seaman mungkin untuk menghindari kerusakan selama proses pengiriman.
  6. Kirim atau serahkan paket anda ke pihak ekspedisi.
  7. Minta resi pengiriman atau tracking number paket anda
  8. Pantau atau Lacak Kiriman Paket Anda
  9. Selesai

Biaya Kirim Barang ke Luar Negeri

Besar kecilnya biaya kirim barang ke luar negeri ini tergantung pada masing-masing ekspedisi dan service yang anda pilih. Setiap ekspedisi mempunyai tarif yang berbeda ada yang memberlakukan tarif yang murah ada juga yang mahal. Biaya kirim barang ke luar negeri juga berbeda-beda untuk setiap negara, misalnya biaya kirim ke Singapore dan Malaysia jauh lebih murah dibanding biaya kirim ke Eropa atau Amerika. Anda bisa membandingkan tarif masing-masing ekspedisi seperti tarif luar negeri JNE, Tiki, Pos, EMS, DHL, FEDEX, TNT atau ATHA EXPRESS. Anda bisa juga membaca artikel kami sebelumnya tentang cara mengetahui biaya kirim barang ke luar negeri di bawah ini :

Biaya Kirim Barang ke Luar Negeri

Ekspedisi Yang Bisa Kirim Barang ke Luar Negeri

Ekspedisi yang bisa kirim barang ke luar negeri di Indonesia saat ini ada banyak tapi carilah yang sudah pengalaman dan punya reputasi. Untuk mengirim barang ke luar negeri Anda bisa menggunakan Jasa Ekspedisi Pengiriman Luar Negeri seperti DHL, FEDEX, TNT, Pos Indonesia, EMS, UPS, JNE, TIKI, ATHA EXPRESS. Bagi anda yang sedang mencari ekspedisi pengiriman luar negeri tarif murah, cepat dan aman bisa menggunakan jasa Atha Express.

Bagi anda yang masih bingung, ada pertanyaan, ada unek-unek tentang kirim barang ke luar negeri. Silahkan konsultasikan dengan tim ATHA EXPRESS atau tinggalkan komentar anda. Kami akan membantu pengiriman barang anda ke luar negeri dengan praktis dan mudah bagi anda, anda tidak perlu repot biarkan kami yang menghandle semua.

Baca juga artikel kami tentang cara melacak paket kiriman luar negeri berikut ini :

Cara melacak paket kiriman ke luar negeri

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat