Cara Menghitung Berat Paket Kiriman ke Luar Negeri Terbaru

cara menghitung berat paket kiriman ke luar negeri, cara menghitung berat paket kiriman DHL, cara menghitung berat paket kiriman FEDEX, cara menghitung berat paket kiriman TNT, cara menghitung berat paket kiriman UPS, cara menghitung berat paket kiriman

 

Bagi anda para pengusaha, pemilik toko online, pelaku UKM berikut ini kami informasikan Cara Menghitung Berat Paket Kiriman ke Luar Negeri Terbaru, beserta Rumus perhitungan berat volume paket internasional DHL, FEDEX, TNT, UPS dan ATHA EXPRESS. Cara penghitungan berat dan volume (dimensi) paket ini sangat penting untuk anda ketahui sebelum melakukan pengiriman barang ke Luar Negeri, agar tidak terjadi miss komunikasi atau salah paham dengan pihak penyedia Jasa Kiriman Barang ke Luar Negeri. Khusus untuk perhitungan Volume atau Dimensi berat Paket kiriman Luar Negeri seperti DHL, FEDEX, TNT dan UPS, rumusnya sedikit berbeda dengan perhitungan ekspedisi domestik seperti Pos, JNE, TIKI, Wahana, dll.

Seringnya terjadi miss komunikasi antara pihak pengirim barang dengan pihak penyedia kiriman biasanya karena pihak pengirim merasa berat cuman segini tapi waktu dibawa ke kantor ekspedisi pengiriman barang dikenakan berat yang lebih tinggi dari berat aslinya. Hal ini terjadi karena ada perbedaan persepsi antara pihak pengirim yang memakai perhitungan berat asli dan pihak ekspedisi memakai perhitungan volume. Dalam Postingan ini kami akan mencoba menguraikan masalah tersebut sehingga terjadi persamaan persepsi antara pihak pengirim dan pihak ekspedisi jasa kiriman. Perhitungan yang kami gunakan ini khusus pengiriman Paket ke Luar Negeri via Udara (Freight Cargo).

2 Jenis Perhitungan Berat Paket ke Luar Negeri

Dalam dunia Ekspedisi Pengiriman Paket ke Luar Negeri via Udara (Freight Cargo) dikenal 2 (dua) jenis perhitungan berat paket yaitu Berat Aktual dan Berat Volumetrik (Dimensi). Berikut kami uraikan penjelasan masing-masing jenis berat tersebut :

  1. Berat Aktual (Actual Weight) : Berat Asli dari suatu barang yang diperoleh dari hasil penimbangan dengan Alat Ukur Timbangan. Untuk ukuran berat yang digunakan untuk paket kiriman ke luar negeri yaitu menggunakan kg. Contoh : 4.3 kg, 7.5 kg, 11.7 kg, dsb
  2. Berat Volume (Volumetrik Weight) : Berat yang diperoleh dari perhitungan volume atau dimensi barang/paket yang dikirim. Berat Volume ini biasa dipakai untuk Paket Kiriman yang Berat Aslinya Ringan tapi Volume (Dimensi) Paketnya besar sehingga banyak makan space saat dikirim. Contoh barang yang biasa dikenakan berat volumetrik seperti : Lukisan, gulungan kain, banner, desain gambar, alat musik, dsb.

Rumus Perhitungan Berat Volume Paket ke Luar Negeri

Seperti yang sudah kami singgung di atas bahwa Rumus perhitungan berat volume (volumetrik) yang digunakan oleh Penyedia Jasa Pengiriman Paket Internasional seperti DHL, FEDEX, TNT, UPS sedikit berbeda dengan Ekspedisi Domestik seperti JNE, Pos, Tiki, dll. Perbedaannya yaitu terletak pada angka pembaginya, kalau Ekspedisi Internasional menggunakan angka pembagi 5000 sedangkan pada ekspedisi domestik angka pembaginya 6000. Untuk lebih jelasnya bisa melihat perhitungan di bawah ini

  • Rumus Perhitungan Berat Volumetrik Ekspedisi Domestik

Rumus Perhitungan Berat Volumetrik Ekspedisi Domestik seperti JNE, TIKI, POS, Wahana yang biasa digunakan oleh Asperindo yaitu  : Panjang x Lebar x Tinggi : 6000.

Contoh : Volume paket 40 cm x 50 cm x 60 cm : 6000 maka berat paket yang dikenakan ongkir yaitu 20 kg.

  • Rumus Perhitungan Berat Volumetrik Ekspedisi Internasional

Rumus Perhitungan Berat Volumetrik Ekspedisi Internasional seperti DHL, FEDEX, UPS, TNT yaitu menggunakan rumus : Panjang x Lebar x Tinggi : 5000.

Contoh : Volume (Dimensi) paket 40 cm x 50 cm x 60 cm : 5000 maka berat paket yang dikenakan ongkir yaitu 24 kg.

Dasar Berat yang dijadikan Perhitungan Biaya atau Tarif Pengiriman Paket ke Luar Negeri

Penghitungan Tarif Pengiriman Paket ke Luar Negeri di dasarkan pada perbandingan anatar Berat Aktual Paket dan Berat Volumetrik. Pihak Penyedia Pengiriman Paket akan menimbang paket yang akan dikirim dan mengukur volume atau dimensi paket anda. Setelah mendapat hitungan berat dan volume maka yang dijadikan dasar pengenaan biaya atau tarif pengiriman yaitu yang paling besar diantara keduanya. Biar lebih jelas, perhatikan contoh di bawah ini :

  1. Berat Aktual Paket 30 kg, Berat Volumetrik 20 kg, maka yang dijadikan dasar Biaya Kirim yaitu Berat Aktual 30 kg.
  2. Berat Aktual Paket 15 kg, Berat Volumetrik 20 kg, maka yang dijadikan dasar Biaya Kirim yaitu Berat Volumetrik 20 kg.

Sebagai Informasi bagi Anda yang melakukan pengiriman barang atau paket ke luar negeri lewat ATHA EXPRESS, kami informasikan bahwa ATHA EXPRESS mengacu pada Rumus perhitungan berat yang sama dengan DHL, FEDEX, TNT dan UPS.

Sekian informasi Cara perhitungan berat paket kiriman ke luar Negeri dari ATHA EXPRESS, baca juga informasi tentang barang berbahaya yang termasuk Dilarang atau Dibatasi dalam Ekspedisi Kiriman Internasional berikut ini :

Daftar Barang yang dilarang dalam pengiriman paket ke luar negeri

 

Simpan

Simpan

2 thoughts on “Cara Menghitung Berat Paket Kiriman ke Luar Negeri Terbaru

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat